Cara Melamar Pekerjaan Secara Online

 Di pasar yang semakin online, melamar pekerjaan sering kali berarti mengirim resume dan surat lamaran Anda secara elektronik. Beberapa perusahaan memiliki formulir aplikasi online langsung di Situs Web mereka. Di sini, Anda dapat memilih pekerjaan yang ingin Anda lamar, colokkan pengalaman kerja, keterampilan, dan pendidikan Anda ke bidang online, lalu kirimkan informasi ini dengan satu klik tombol. 

 

Formulir aplikasi online berbeda dari yang lain dan akan memerlukan informasi yang berbeda. Misalnya, beberapa perusahaan meminta Anda "menyalin dan menempelkan" resume dan surat lamaran Anda ke dalam dua bidang. Yang lain meminta pelamar mengisi berbagai bidang seperti "pengalaman kerja," "pendidikan," dll. Yang lain lagi meminta Anda mengirimkan resume dan surat lamaran Anda, dan mengisi bidang yang memerlukan informasi terkait pekerjaan yang sama. 

 

Apa pun jenis aplikasi online yang dimiliki perusahaan, pastikan semua informasi Anda diposting di satu bidang atau lainnya. Jangan takut untuk mengulangi informasi, terutama jika formulir meminta resume dan rincian terpisah dari riwayat pekerjaan Anda. Informasi Anda akan secara otomatis diunggah ke dalam basis data online, di mana manajer perekrutan kemungkinan akan mencari kata kunci. Semakin banyak kata kunci Anda muncul, semakin baik. 

 

Sementara beberapa perusahaan - terutama yang besar memiliki formulir aplikasi online, banyak yang lain hanya meminta kandidat untuk mengirim email materi aplikasi mereka kepada orang yang tepat atau ke alamat pekerjaan umum seperti "hiringmanager@anycompany.com."Di sini, kehati-hatian diperlukan. Pastikan untuk mengirim resume dan surat lamaran Anda persis seperti yang diminta manajer perekrutan. Beberapa pengusaha lebih suka bahwa resume dan surat lamaran dilampirkan sebagai dokumen terpisah (biasanya dalam format Hanya Teks atau sebagai dokumen Microsoft Word). Pengusaha lain ingin surat pengantar berada di badan email, tetapi resume harus dilampirkan secara terpisah. Yang lain lebih suka bahwa resume dan surat lamaran ditempelkan ke badan email. Untuk yang terakhir, pastikan dokumen Anda mudah dibaca. Resume, yang memiliki format yang agak rumit, sering terlihat berantakan ketika ditransplantasikan ke dalam tubuh email. Kata perekrut Beth Camp: "Jika Anda mengirim email resume, itu harus terlihat sebagus resume tertulis. Saya akan menyarankan mengirim resume baik sebagai lampiran maupun di badan email Anda."Ini adalah cara yang baik untuk menghindari kemungkinan kegagalan pemformatan. Cara lain adalah mengirim resume dan surat lamaran Anda secara elektronik, lalu mengirim salinan cetak juga. 

 

Beberapa pencari kerja memilih untuk membeli nama domain dan membuat Situs Web mereka sendiri untuk tujuan menempatkan resume mereka (dan materi aplikasi lainnya) secara online. Keuntungan memformat resume Anda menggunakan HTML dan menjadikannya halaman Web statis adalah siapa pun dapat melihat resume Anda dalam format yang tepat hanya dengan mengunjungi Situs Web Anda. Jadi, alih-alih mengirim atau mengirim email resume Anda setiap kali Anda ingin seseorang melihatnya, Anda bisa memberikan alamat web yang tepat kepada pihak yang berkepentingan dan mereka dapat menemukannya sendiri. Bonus tambahan untuk memiliki resume Anda di halaman Web adalah bahwa Anda dapat menarik minat perekrut dan majikan yang bahkan tidak Anda pertimbangkan. Untuk mempermudah pengunduhan resume Anda, Anda mungkin ingin memasukkan salinan resume Anda di situs web dalam PDF (format dokumen portabel) dan file Microsoft Word. 

 

Sayangnya, ada kerugian untuk menempatkan resume Anda di Situs Web. Satu kelemahan adalah bahwa informasi Anda dapat diakses oleh semua orang, bahkan pengunjung yang tidak diinginkan. Untuk alasan ini, Anda tidak boleh mengungkapkan alamat rumah, nomor jaminan sosial, atau informasi pribadi lainnya. Kelemahan lain adalah bahwa tidak semua manajer perekrutan akan keluar dari jalan mereka untuk mengunjungi Situs Web Anda. Sekalipun resume Anda hanya dengan sekali klik, banyak manajer yang mempekerjakan akan lebih suka Anda mengirim atau mengirim email. 

 

Dalam hal bagaimana Anda mengirim materi aplikasi Anda, tidak bijaksana untuk menentang keinginan eksplisit dari pemberi kerja. Misalnya, jangan mengirim lampiran saat salin dan tempel diminta. Beberapa perusahaan menghindari lampiran karena mereka takut terkena virus, atau karena mereka tidak memiliki perangkat lunak yang kompatibel, atau karena mereka tidak ingin diganggu dengan langkah ekstra membuka dokumen. 

 

Saat merakit materi aplikasi Anda dan memasukkannya ke dalam email, jangan mengisi bidang "ke" sampai Anda selesai. Terlalu mudah untuk secara tidak sengaja mengirim email setengah jadi ke perusahaan, sehingga menghilangkan peluang Anda untuk membuat kesan pertama yang layak, dan kemungkinan besar, untuk mendapatkan wawancara. Jika Anda diminta untuk menyalin dan menempelkan resume dan surat lamaran Anda, pastikan untuk memindai hasil akhir setidaknya sekali untuk memformat masalah, maka gunakan pemeriksa ejaan untuk terakhir kalinya. 

 

Di pasar yang semakin online, melamar pekerjaan sering kali berarti mengirim resume dan surat lamaran Anda secara elektronik. Beberapa perusahaan memiliki formulir aplikasi online langsung di Situs Web mereka. Di sini, Anda dapat memilih pekerjaan yang ingin Anda lamar, colokkan pengalaman kerja, keterampilan, dan pendidikan Anda ke bidang online, lalu kirimkan informasi ini dengan satu klik tombol. 

 

Formulir aplikasi online berbeda dari yang lain dan akan memerlukan informasi yang berbeda. Misalnya, beberapa perusahaan meminta Anda "menyalin dan menempelkan" resume dan surat lamaran Anda ke dalam dua bidang. Yang lain meminta pelamar mengisi berbagai bidang seperti "pengalaman kerja," "pendidikan," dll. Yang lain lagi meminta Anda mengirimkan resume dan surat lamaran Anda, dan mengisi bidang yang memerlukan informasi terkait pekerjaan yang sama. 

 

Apa pun jenis aplikasi online yang dimiliki perusahaan, pastikan semua informasi Anda diposting di satu bidang atau lainnya. Jangan takut untuk mengulangi informasi, terutama jika formulir meminta resume dan rincian terpisah dari riwayat pekerjaan Anda. Informasi Anda akan secara otomatis diunggah ke dalam basis data online, di mana manajer perekrutan kemungkinan akan mencari kata kunci. Semakin banyak kata kunci Anda muncul, semakin baik. 

 

Sementara beberapa perusahaan - terutama yang besar memiliki formulir aplikasi online, banyak yang lain hanya meminta kandidat untuk mengirim email materi aplikasi mereka kepada orang yang tepat atau ke alamat pekerjaan umum seperti "hiringmanager@anycompany.com."Di sini, kehati-hatian diperlukan. Pastikan untuk mengirim resume dan surat lamaran Anda persis seperti yang diminta manajer perekrutan. Beberapa pengusaha lebih suka bahwa resume dan surat lamaran dilampirkan sebagai dokumen terpisah (biasanya dalam format Hanya Teks atau sebagai dokumen Microsoft Word). Pengusaha lain ingin surat pengantar berada di badan email, tetapi resume harus dilampirkan secara terpisah. Yang lain lebih suka bahwa resume dan surat lamaran ditempelkan ke badan email. Untuk yang terakhir, pastikan dokumen Anda mudah dibaca. Resume, yang memiliki format yang agak rumit, sering terlihat berantakan ketika ditransplantasikan ke dalam tubuh email. Kata perekrut Beth Camp: "Jika Anda mengirim email resume, itu harus terlihat sebagus resume tertulis. Saya akan menyarankan mengirim resume baik sebagai lampiran maupun di badan email Anda."Ini adalah cara yang baik untuk menghindari kemungkinan kegagalan pemformatan. Cara lain adalah mengirim resume dan surat lamaran Anda secara elektronik, lalu mengirim salinan cetak juga. 

 

Beberapa pencari kerja memilih untuk membeli nama domain dan membuat Situs Web mereka sendiri untuk tujuan menempatkan resume mereka (dan materi aplikasi lainnya) secara online. Keuntungan memformat resume Anda menggunakan HTML dan menjadikannya halaman Web statis adalah siapa pun dapat melihat resume Anda dalam format yang tepat hanya dengan mengunjungi Situs Web Anda. Jadi, alih-alih mengirim atau mengirim email resume Anda setiap kali Anda ingin seseorang melihatnya, Anda bisa memberikan alamat web yang tepat kepada pihak yang berkepentingan dan mereka dapat menemukannya sendiri. Bonus tambahan untuk memiliki resume Anda di halaman Web adalah bahwa Anda dapat menarik minat perekrut dan majikan yang bahkan tidak Anda pertimbangkan. Untuk mempermudah pengunduhan resume Anda, Anda mungkin ingin memasukkan salinan resume Anda di situs web dalam PDF (format dokumen portabel) dan file Microsoft Word.